semua tentang adalah

Rabu, 18 Desember 2019

Varises adalah pelebaran dan atau pembengkakkan yang terjadi pada pembuluh balik atau vena. Kata varises sendiri berasal dari bahasa latin "varix" yang berarti "memutar" yang berarti darah yang berputar-putar diarea tersebut. Penyebab varises sendiri adalah adanya penumpukan darah pada pembuluh balik atau vena diarea tersebut karena melemah atau rusaknya katup pembuluh darah. Umumnya varises terjadi dari sikut sampai dengan jari tangan dan dari lutut sampai dengan jari kaki yang ditandai dengan menonjolnya pembuluh balik yang berwarna biru gelap atau ungu.


Diagnosa yang akan dilakukan oleh dokter biasanya melalui pemeriksaan riwayat kesehatan atau rekam medis, yang dapat ditunjang dengan pemeriksaan lain seperti USG doppler dan angiografi. Meskipun begitu pemeriksaan penunjang ini jarang dilakukan kecuali jika ada masalah lain seperti deep vein thrombosis (DVT) pada pembuluh balik atau vena.

Sedangkan pengobatan varises biasanya disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien yang bertujuan untuk meredakan gejala, mencegah bertambah parahnya penyakit dan menghindari komplikasi yang bisa memperparah penyakit. Komplikasi varises adalah luka dan atau pendarahan yang mungkin memerlukan prosedur bedah baik itu dengan laser maupun dengan mengikat pembuluh balik atau vena jika gejala varises semakin memburuk.
Ditulis oleh eM Hidayat pada 01.15 dalam , ,    Belum ada komentar »

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Kami

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Cari disini