semua tentang adalah

Selasa, 11 Oktober 2016

Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung dimana darah yang dibawa ke jantung ini banyak mengandung karbondioksida (CO2). Vena atau juga dikenal dengan sebutan pembuluh balik terletak pada permukaan tubuh dengan warna kebiru-biruan, memiliki dinding pembuluh yang tipis dan tidak elastis, jika vena terluka darah yang keluar tidak memancar tetapi merembes. Selain itu jika vena dipegang denyut jantung tidak terasa

Vena adalah pembuluh balik karena darah yang di pompa oleh jantung keseluruh tubuh dikembalikan lagi oleh vena dari seluruh tubuh ke jantung. Vena memiliki katup disepanjang pembuluhnya yang berfungsi untuk menjaga agar darah tetap mengalir satu arah, yaitu menuju jantung. Dari seluruh tubuh, vena bermuara menjadi satu pembuluh balik besar yang disebut vena cava. Vena cava masuk ke jantung melalui serambi kanan, kemudian setelah terjadi pertukaran gas di paru-paru, darah mengalir ke jantung lagi melalui vena pulmonalis menuju ke serambi kiri.

Berbeda dengan pembuluh darah balik lainnya, darah yang dibawa oleh vena pulmonalis mengandung banyak oksigen. Jadi, darah pada seluruh pembuluh vena kaya akan karbondioksida kecuali vena pulmonalis yang kaya akan oksigen. 
Ditulis oleh Muhammad Hidayat pada 19.26 dalam , , ,    Belum ada komentar »

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Kami

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Cari disini