semua tentang adalah

Selasa, 27 September 2016

Tracert atau Traceroute adalah perintah dalam command prompt (CMD) yang berfungsi untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk sampai ke tujuan. Cara melakukan tracert adalah dengan mengirimkan pesan ke internet control message protocol (ICMP). Rute yang muncul merupakan daftar interface router yang terdekat dengan host, dimana rute tersebut pasti berada pada jalur antara host dan tujuan. Tracert akan menampilkan rute-rute perantara yang menjadi jembatan antara anda dan tujuan anda, “jembatan” tersebutlah yang disebut sebagai router, data yang dikirimkan kemudian akan berjalan melewati “jembatan” tersebut.

Agar dapat memahami data yang dihasilkan oleh tracert, kita harus memahami bagaimana cara kerja dari tracert tersebut. Tracert memakai prinsip TTL dan paket ICMP dengan cara mengirimkan sebuah paket melalui port UDP yang tidak digunakan oleh servis lain pada komputer tujuan (defaultnya port yang digunakan adalah 33434). Pada tiga paket pertama, tracert mengirimkan sebuah paket yang memiliki TTL satu, sesampainya paket di router pertama TTL akan dikurangi dengan 1 sehingga menjadi 0 lalu paket tersebut di drop.

Kemudian router akan mengirimkan paket ICMP ke komputer kita yang berisi pemberitahuan bahwa TTL dari paket yang kita kirimkan sudah habis dan paket tersebut di drop. Dari pesan tersebut, tracert dapat menunjukkan nama router yang dilewati oleh paket tersebut dan berapa waktu yang dibutuhkannya. Kemudian tracert akan mengirimkan paket dengan nilai TTL yang ditambah satu demi satu hingga sampai ke tempat tujuan. Itu sebabnya tracert memakai port yang tidak dipakai oleh servis lain sehingga paket yang dikirim mendapat respon dan tidak “dimakan” oleh servis lain yang ada.
Ditulis oleh Muhammad Hidayat pada 01.01 dalam , , , , ,    Belum ada komentar »

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Kami

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Cari disini