semua tentang adalah

Rabu, 11 Januari 2017

Bogor adalah sebuah kota dan kabupaten di Propinsi Jawa Barat dengan luas wilayah Kota Bogor 118,50 Km2 (tahun 2017) yang letaknya ada di tengah wilayah Kabupaten Bogor dengan luas 2.710,62 Km2 (tahun 2017). Hari jadi Kota dan Kabupaten Bogor adalah tanggal 03 Juni 1482 yang merupakan hari dinobatkannya Prabu Siliwangi sebagai Raja Kerajaan Pajajaran. Hari jadi tersebut secara resmi ditetapkan melalui sidang pleno Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor pada tanggal 26 Mei 1972.

Pada masa kolonial Belanda, Kota Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti “tanpa kekhawatiran”, “aman tenteram”, dan yang semisalnya. Kata Bogor sendiri dipercaya berasal dari kata “bokor” yang berarti “kawung” (tunggul pohon enau) karena Bogor sejak dahulu telah dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional, di Kota Bogor lah berdiri berbagai lembaga balai penelitian pertanian dan biologi nasional salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kota yang dikenal dengan semboyan tegar berimannya ini juga terkenal sebagai Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia.

Ditulis oleh Muhammad Hidayat pada 00.50 dalam , ,    Belum ada komentar »

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Kami

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Cari disini